-->
Mas Basyir

Cara Mudah Membuat Blog/ Blogspot

Cara Mudah Membuat Blog/ Blogspot
Blog atau Blogspot adalah bentuk Aplikasi Web. Pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar (dimuat dalam posting) pada setiap halaman web.


Blog atau web blog dalam perkembangannya ternyata memiliki peran penting untuk meramaikan konten-konten yang dapat diakses pengguna online di dunia maya. Berbagai konten dapat share di dunia maya, sehingga siapa saja yang terhubung dengan internet, dapat mengakses dan mendownload: mengunduhnya dengan mudah dan gratis.

Mempunyai blog sangat banyak manfaatnya, berikut beberapa manfaat blog/ blogspot :

  1. Berbagi tulisan, baik dalam bentuk cerita, pengalaman dan pengetahuan lainnya. Sehingga orang lain yang membutuhkan, lalu menemukan tulisan Anda, merasakan kebermanfaatan blog Anda. Hitung-hitung cari pahala.
  2. Dapat menghasilkan uang. Penghasilan tersebut bisa anda jadikan sebagai penghasilan sampingan ataupun penghasilan tetap, asalkan Anda benar-benar serius dalam mengembangkannya. Misalnya mengikuti PPC, bisnis Afiliate, dan lain sebagainya.
  3. Sarana untuk berkreasi, misalnya Anda suka menulis, edit foto, Fotografer, dll. Anda bisa share dan tunjukkan kepada dunia hasil karya Anda.
  4. Mencari teman. Dalam dunia blogger, kita tidak bisa hidup sendiri, tanpa blogger lainnya, sebagai blogger tentunya membutuhkan blogger lain untuk saling sharing, bertukar link, dll.
  5. Sebagai Online Diary sekaligus Personal Branding kita. Kita bisa menggunakan blog sebagai ajang bisnis (Bisnis Online) untuk mendapatkan uang dari internet. Dan juga sarana untuk mempromosikan produk barang atau jasa. Dengan kata lain, blog bisa Anda manfaatkan sebagai toko online.
  6. Menjadi media curhat. Di blog Anda bisa bercerita apa saja yang ingin Anda ceritakan. Tentunya sangat lebih bijak jika itu dapat memberikan dampak positif terhadap pembaca Anda. Sehingga pemikiran-pemikiran Anda dapat anda curahkan dengan plong.
  7. Mengikuti kontes. Dewasa ini, berbagai kontes dan lomba, sudah menjamur, baik itu berupa kontes SEO, ataupun kontes review, sehingga memungkinkan para blogger berkesempatan untuk menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah.
  8. Menjadi media untuk mempopulerkan sesuatu atau diri sendiri. Banyak orang sukses, berawal dari iseng-iseng nge-blog.
  9. Belajar untuk lebih baik. Biasanya sesama blogger akan saling berkomentar satu sama lain, sehingga kita bisa mengetahui kekurangan-kekurangan dalam konten yang kita share.
  10. Yang terakhir adalah memotivasi kita, untuk selalu memberikan yang terbaik kepada pembaca. Karena sebagai manusia, tentunya kita ingin dipuji dari yang terbaik yang bisa kita berikan kepada pembaca/orang lain. Selain itu Anda juga akan berusaha belajar banyak hal.

Nah itu sekilas tentang manfaat bermain blog. Sebenarnnya masih banyak manfaat yang bisa kita ambil dari kita bermain blog/ blogspot. Namun kita disini bukan menjabarkan lebih jauh tentang manfaat blog/ blogspot melainkan kita akan belajar membuat blog/ blogspot.

Setelah baca manfaat diatas pastinya anda berpikir bagaimana si cara membuat blog itu ? Apa susah membuat blog itu ?

Sebenarnya membuat blog/ blogspot itu sangatlah mudah. Sama halnya kita membuat facebook, dan akun youtube seperti pada postingan sebelumnya. Yang harus anda miliki sebelum membuat blog adalah mempunyai email Gmail. Jika belum punya bisa anda baca : cara membuat email gmail

Jika sudah mempunyai gmail langsung saja lihat langkah-langkah dibawah ini.

Berikut cara mudah membuat blog/ blogspot :


Anda masuk ke situs blogger atau jika anda tidak ingin ribet anda bisa klik link berikut :

Masukkan email dan password anda. Setelah itu anda akan melihat halaman berikut :


Setelah itu anda pilih Profil Blogger dengan cara klik button “Buat profil Blogger Terbatas” . jika sudah anda klik anda akan menjumpai halaman seperti ini :

Masukkan nama tampilan anda, kemudian klik “lanjutkan ke blogger”. Misal saya akan membuat nama tampilan “Basyir” maka hasilnya akan seperti dibawah ini :


Tahap membuat tampilan blog selesai, sekarang kita akan membuat web blognya, contohnya seperti blog ini “latihtekno.blogspot.com” berikut caranya :

Pilih tombol Blog Baru pada gambar diatas yang dilingkari hitam. Kemudian jika sudah anda akan menjumpai gambar seperti ini :


Keterangan :
Judul : anda isikan judul blog anda. Misal pada blog ini judulnya adalah Latihan Komputer.
Alamat : masukkan alamat anda. Misal pada blog ini alamatnya adalah latihtekno.blogspot.co.id
Peringatan “jika disaat memasukkan alamat menjumpai tanda Seru (!) bagian kanan kolom alamat, alamat tersebut sudah ada yang memakai, sehingga anda harus mencari/ merubah alamat tersebut hingga tanda (!) menjadi tanda (centang)
Template : silahkan pilih template yang anda sukai.

Jika sudah diisi semuannya anda tinggal klik “Buat Blog”. Selesai anda sekarang sudah mempunyai blog yang bisa anda gunakan seperti manfaat diatas atau kepentingan yang lain.


Cukup mudah kan ? untuk memposting artikel dan yang lainnya anda bisa lihat di artikel selanjutnya

Terimakasih atas kunjungan anda semoga bermanfaat
Mas Basyir
Load comments