-->
Mas Basyir

Metode Pengembangan Perangkat Lunak ( METOPEL )

Metode Pengembangan Perangkat Lunak ( METOPEL )




Proses pengembangan perangkat lunak adalah suatu proses dimana kebutuhan pemakai diterjemahkan menjadi produk perangkat lunak. Proses ini mencakup aktivitas penerjemahan kebutuhan pemakai menjadi kebutuhan perangkat lunak, transformasi kebutuhan perangkat lunak menjadi desain, penerapan desain menjadi kode program, uji coba kode program, dan instalasi serta pemeriksaan kebenaran perangkat lunak untuk operasional (IEEE. 1990). Berdasarkan pengertian tersebut, secara umum dapat dikatakan bahwa proses pengembangan perangkat lunak mengikuti tahap-tahap :

1.       Menentukan APA yang harus dikerjakan oleh perangkat lunak dalam satu rentang 
waktu tertentu.

2.       Mendefinisikan BAGAIMANA perangkat lunak dibuat, mencakup arsitektur 
perangkat lunaknya, antar muka internal, algoritma, dan sebagainya.

3.       Penerapan (penulisan program) dan pengujian unit-unit program.
4.       Integrasi dan pengujian modul-modul program.
5.       Validasi perangkat lunak secara keseluruhan (pengujian sistem).


Siklus Pengembangan Perangkat Lunak 

Siklus pengembangan perangkat lunak atau sering disebut juga dengan siklus hidup 
perangkat lunak adalah (IEEE,1987) :

·     Periode waktu yang diawali dengan keputusan untuk mengembangkan produk perangkat lunak dan berakhir setelah perangkat lunak diserahkan. Umumnya siklus pengembangan ini terdiri dari tahap analisis kebutuhan, perancangan, penerapan, pengujian, dan instalasi serta pemeriksaan.
·       Periode waktu yang diawali dengan keputusan untuk mengembangkan produk perangkat lunak dan   berakhir saat produk tidak dapat ditingkatkan lebih jauh lagi oleh pengembang.

Berikut ini Materi Metode Pengembangan Perangkat Lunak ( METOPEL ) yang berformat pdf, word, dan ppt. Silahkan Anda Download dan Pelajari :



Mas Basyir
Load comments